Selasa, 14 Juni 2011

Kiamat ( setidaknya) Pernah Terjadi Nun Jauh Disana

                                 Galaksi NGC2207 dan IC 2163


Alam raya sungguh luas seakan tak bertepi, sehingga ada benarnya jika bumi tempat kita berpijak diberi label "stardust" yang artinya debu bintang. Karena memang benar adanya bumi tempat kita berpijak tak lebih dari sebutir debu yang melayang-layang diangkasa raya.
Bumi sebagai bagian dari sistem tata surya dengan matahari sebagai pusatnya, dan tata surya kita sebagai bagian dari galaksi Bima Sakti. Jika dilihat dari ukuran sebuah galaksi, tata surya kita sudah teramat kecil. Namun ternyata diluar sana ada bermilyar tata surya.
Beberapa galaksi terlihat saling berdekatan, begitu dekat dan nampaknya mereka sedang dalam proses hendak bertabrakan. Sementara di tempat lain dua galaksi sedang terlibat dalam peristiwa tabrakan hebat.
Namun di tempat lainnya lagi beberapa galaksi telah saling " memakan" sehingga tercipta sebuah galaksi dengan ukuran yang lebih besar dan terlahir bintang bintang baru.
Alam raya sungguh luas.
Mungkinkah pada semesta seluas ini hanya ada satu bumi yang layak ditinggali?
Tak adakah diluar sana "bumi" yang lain dengan laut yang membiru dan hamparan hutan menghijau ?
Adakah, entah dimana tempatnya, manusia manusia yang menjadi kembaran kita, dengan segala macam warna kulit dan tingkah polahnya ?
Pada foto paling atas memperlihatkan dua buah galaksi NGC 2207 di sebelah kiri dan galaksi IC 2163. Grafitasi yang maha hebat telah menarik galaksi di sebelah kanan yang lebih kecil. Nampak lengan galaksi bagian kanan yang hendak melepaskan diri, namun tak kuasa menahan kuatnya tarikan gravitasi.
Keduanya diperkirakan berada sejauh 114 juta tahun cahaya dari bumi.
Andaikan pada beberapa galaksi yang sedang dan telah bertabrakan disana terdapat kehidupan maka mereka telah mengalami kiamat kecil.
           Galaksi  NGC 6050 dan IC 1179   
                                  
Pada foto diatas nampak bahwa dua buah galaksi sedang terjadi proses tabrakan hebat antara galaksi NGC 6050 dan galaksi IC 1179. Lokasinya diperkirakan sejauh 450 juta tahun cahaya dari bumi.

                                           Galaksi ARP 148
Foto berikutnya menunjukkan dua buah galaksi yang telah usai bertabrakan. Pada bagian kanan nampak sebuah lingkaran yang kemungkinan merupakan semburan dari dua buah obyek yang telah bertabrakan. Semburan itu tak ubahnya seperti ketika sebuah batu besar yang jatuh ke air sehingga menimbulkan efek gelombang kejut.Galaksi ARP 148 terletak sejauh 500 juta tahun cahaya dari bumi.


Pada foto berikutnya menunjukkan 5 buah galaksi yang saling mendekat dan terjadi proses tabrakan. Lokasinya berada sejauh 270 juta tahun cahaya dari bumi dan masing masing diberi nama NGC 739-7318b-7318a-7320-7320c.
Dari pertemuan dua beberapa galaksi itu terlahir bintang-bintang baru, mungkinkah juga terahir kehidupan baru ?
                                                     Galaksi Andromeda
 Galaksi Andromeda merupakan galaksi tetangga terdekat dengan kita yang berjarak hanya 2 jutaan tahun cahaya. Diperkirakan keduanya sedang dalam proses saling mendekat. Tapi jangan khawatir setidaknya diperlukan waktu 4 milyar tahun kedepan untuk bisa saling bertemu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar